Iklan

Cara install Cutom ROM android dengan CWM

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

     Cara Install Custom ROM Android Dengan CWM.- Tutorial ini hanya sebatas untuk pandangan saja bagaimana cara install Custom ROM di Android melihat dari sekian banyaknya pengunjung sebagian masih bingung dan bertanya-tanya kepada saya mengenai bagaimana langkah menginstall Custom ROM di Android mereka.

Baik di luar sana banyak orang mengimplementasikan bahwa Custom ROM itu ROM hasil modifikasi dari vendor resminya. Padahal itu salah kaprah.

Di Android kita mengenal dua jenis ROM. Ada Stock ROM yang merupakan ROM bawaan smartphone yang langsung dibuat dan di isi oleh pihak pabrik smartphone anda. Ada juga Custom ROM yang merupakan ROM Unofficial (perlu dicatat, Unofficial) buatan developer Android bukan dari pihak vendor resmi.

Sedangkan ROM itu sendiri yaitu istilah pada Android, umumnya bernama Firmware atau cara gampangnya Software Hape bukan Hardware Hape.

Alasan dibuatnya Custom ROM yakni untuk memaksa suatu jenis smartphone Android tertentu untuk bisa merasakan sensasi menggunakan seri Android yang lebih tinggi dari yang disediakan dan ditetapkan oleh pihak vendor.

Untuk itu lah sebetulnya menggunakan Custom ROM itu merupakan suatu 'pemaksaan' tetapi walaupun begitu hasil yang didapatkan juga tidak main-main dan tidak sebanding :p Kalau saya daripada pasrah dengan apa yang diberikan oleh pihak pengembang lebih baik saya kembangin sendiri dengan adanya Custom ROM.

Tutorial Cara Install Custom ROM Android

Namanya juga Custom ROM, bukan ROM Official pastinya memiliki kelemahan.

Custom ROM dibuat dari kemahiran si pengembang itu sendiri (bukan dari developer resmi) dengan segenap kemampuannya membuat dari memperbaiki Custom ROM hasil oprek dan porting ROM dari device lain seorang diri, ada juga yang bekerja berkelompok membuat sebuah tim. Yang paling terkenal yaitu CyanogenMod.

Mungkin anda akan tahu perbedaan memakai Stock ROM dan Custom ROM setelah anda mencobanya. Biasanya walaupun Custom ROM yang sudah diberi label STABLE + Smooth kadang masih menyisakan sedikit bugs disana-sini. Tidak seperti Stock ROM yang di riset sedetail mungkin untuk selanjutnya siap disisipkan kepada produk smartphone tersebut.


Langsung saja ke Cara Install Custom ROM Android Dengan CWM :

  1. Pertama – tama silahkan download Custom ROM (berformat ZIP) dan jika sudah punya, silahkan pindah file tersebut pada directory awal pada SDCard alias tanpa folder.
  2. Lalu silahkan backup terlebih dahulu menggunakan CWM supaya jika terjadi kesalahan bisa dikembalikan ke ROM aslinya.
  3. Setelah itu silahkan menuju CWM Recovery dan silahkan Wipe Data/Factory reset, Wipe Cache, dan Wipe dalvik-cache terlebih dahulu. Jika sudah silahkan pilih pada menu Install zip
    from sdcard
    . Lalu akan ada menu lagi pilih lagi menu Choose zip
    from sdcard
    .
  4. Sekarang kamu ada pada directory awal SDCard, silahkan scroll kebawah dan cari Custom ROM tadi yang berformat ZIP. Jika sudah ketemu silahkan pilih file itu, kemudian akan ada menu lagi dan pilih saja YES
  5. Tunggu hingga proses selesi, ini memakan waktu sebentar kurang lebih 5 sampai 10 menit  saja. Jika sudah Completed, silahkan pilih Reboot Now dan lihat hasilnya.
Sudah, sampai disitu seharusnya ROM bawaan pabrik anda sudah tertindih dengan Custom ROM yang baru saja anda install.

Itu tadi merupakan Cara Install Custom ROM Android Dengan Custom ROM Ingat, tutorial diatas hanya sebatas prinsip menginstall Custom ROM saja. Setiap jenis smartphone Android tidak semuanya sama.

   



           ♥Cukup sekian, wassalamu'alaikum wr wb.

0 Response to "Cara install Cutom ROM android dengan CWM"

Post a Comment